Jumat, 12 Oktober 2012

paskibra

Dimana letak pin garuda pada peci paskibra?


Pada hari ini Jumat 17 Agustus 2012 adalah Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-67 dan berkaitan dengan itu Cijolang Mania kali ini akan membahas tentang salah satu unsur yang berkaitan dan kental dengan suasana kemerdekaan, yaitu paskibra. 
Pengertian Paskibra
Paskibra adalah organisasi yang merangkap ekstra kulikuler ini hampir ada di setiap sekolah menengah atas di seluruh Indonesia, bahkan setingkat SMP dan sekolah dasar pun kini sudah banyak yang mengadakaan kegiatan ini sebagai penyaluran minat para siswa-siswi sekolah tersebut. Kegiatan utama paskibra adalah baris-berbaris dan menyiapkan upacara yang biasanya dilaksanakan pada hari senin atau upacara-upacara kebesaran seperti Hari Sumpah Pemuda, Hari Pendidikan Nasional, dan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Selain kegiatan lapangan Paskibra juga memiliki kegiatan keorganisasian.
Sejarah Paskibra
Paskibra yang terdahulu hanya merupakan pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia yang dikumpulkan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara, mereka disebut Paskibraka. Paskibraka merupakan singkatan dari pasukan pengibar bendera pusaka ini lahir pada tahun 1946, Presiden Soekarno memerintahkan ajudannya Husein Muntahar untuk mengibarkan bendera pusaka. yang padaa saat itu ibukota Indonesia masih berada di Yogjakarta, karena diadakannya perpindahan ibukota. Namun gagasan Husein muntahar untuk mengumpulkan para pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia masih belum dapat terlaksana, hingga tahun 1968. Setelah pada tahun 1967 Beliau dipanggil kembali oleh Presiden Soekarno untuk membicarakan tentang pengibaran bendera pusaka, dan lahirlah formasi pasukan 17 (sebagai pengiring), 8 (pasukan inti, pembawa bendera),  serta pasukan 45 (sebagai pengawal). Sangat filosofis ....
Seragam Paskibra
Seragam yang digunakan anggota paskibra merupakan pakaian yang digunakan pada saat upacara terutama upacara memperingati hari ulang tahun kemerdekaan, seragam yang diguanakan adalah seragam putih-putih, untuk pria baju lengan panjang dan celana panjang, untuk wanita baju lengan panjang dan rok pendek setinggi lutut, kecuali untuk yang berjilbab, semuanya serba panjang ditambah kerudung/jilbab. Ada beberapa tambahan pada seragam paskibra diantaranya peci warna hitam, slayer merah putih, sarung tangan dan tentu saja sepatu beserta kaos kakinya.
Dimanakah letak pin garuda pada peci paskibra?
Peci hitam adalah salah satu aksesoris yang dipakai oleh anggota paskibra, pada peci terdapat pin berbentuk gambar burung garuda, untuk pemasangannya adalah disebelah kiri bagian depan peci dan sudah merupakan sebuah ketentuannya.
 
Melihat sejarah dan kontribusi paskibra dalam kemerdekaan, tentu saja kita harus memberikan apresiasi yang tinggi, dimana anggota-anggota paskibra atau paskibraka adalah putra-putri terbaik bangsa Indonesia, generasi muda penerus bangsa.
Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia .... Merdeka Indonesiaku ....

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Artikel Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar